ANALISA KARAKTERISTIK DAN PEYEBARAN GAMPING DI DESA PENEN KECAMATAN BIRU-BIRU KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA

Authors

  • Erwin Simanungkalit Institut Sains dan Teknologi TD.Pardede

DOI:

https://doi.org/10.59637/jsti.v15i2.91

Keywords:

Analisa Gamping, Ganesa Gamping, Karakteristik dan penyebaran Gamping

Abstract

Secara administrasi lokasi penelitian berada di, Kecamatan biru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra utara dengan luas areal lokasi penelitian 7 x 7 km dengan Secara administratif lokasi penelitian berada pada koordinat  3º19’2,37” N. 98 º39’6,384” E Lokasi penelitian berada pada daerah Gunung Sibayak, Tanah Karo.

Berdasarkan pengamatan dan analisis data yang dilakukan maka diperoleh satuan geomorfologi pada penelitian terbagi menjadi 4 (empat), yaitu satuan morfologi agak miring, satuan morfologi miring, satuan morfologi agak curam dan satuan morfologi curam.

 Litologi pada daerah penelitian yaitu adalah Satuan Batugamping terendapkan pada jura-kapur yang merupakan bagian dari Formasi Muara soma (Mums), Satuan Meta Batugamping pada formasi (Mums) pengendapannya sama dengan Batugamping, satuan filit terendapkan pada jura-kapur yang merupakan bagian dari Formasi Muara soma (Mums), satuan Batupasir terendapkan pada jura-kapur yang merupakan bagian dari Formasi Muara soma (Mums), satuan Basal terendapkan zaman tersier pada kala Miosen Tengah – Miosen Akhir, yang disetarakan dengan peta geologi dan stratigrafi regional lembar Pakam.  Berdasarkan analisa kestabilan lereng yang dilakukan di daerah penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Erwin Simanungkalit. (2021). ANALISA KARAKTERISTIK DAN PEYEBARAN GAMPING DI DESA PENEN KECAMATAN BIRU-BIRU KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA. Jurnal Sains Dan Teknologi ISTP, 15(2), 174–191. https://doi.org/10.59637/jsti.v15i2.91

Issue

Section

Articles