KAJIAN EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI CELAH KATUP BUANG DAN PUTARAN MESIN TERHADAP EFISIENSI VOLUMETRIK PADA MESIN DIESEL EMPAT LANGKAH
DOI:
https://doi.org/10.59637/jsti.v21i01.384Keywords:
celah katup, mesin diesel, efisiensi volumetetrik, putaran mesinAbstract
Mobil adalah salah satu alat transportasi yang paling sering digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari untuk bepergian, sehingga tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini. Salah satu jenis mobil yang penting adalah mobil diesel. Kualitas mobil diesel sebagai kendaraan di dunia otomotif tidak bisa digantikan oleh mesin lain karena performanya yang unggul. Oleh karena itu, mesin ini memainkan peran penting dalam industri otomotif. Mesin diesel diharapkan dapat menghasilkan tenaga yang kuat untuk berbagai kondisi jalan, sehingga pengemudi merasa nyaman saat mengemudi. Daya mesin dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk proses pembakaran di ruang bakar. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesempurnaan pembakaran adalah tekanan dan suhu udara yang masuk ke ruang bakar. Secara teori, udara yang masuk ke ruang bakar pada mesin diesel sama dengan volume langkah piston dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB). Namun, pada kenyataannya, terdapat penyimpangan yang menyebabkan volume udara yang masuk lebih kecil dari volume langkah piston. Rasio antara volume udara yang masuk ke ruang bakar dan volume langkah piston disebut efisiensi volumetrik. Untuk mengetahui besarnya efisiensi volumetrik rata-rata, dilakukan penyetelan celah katup buang yang bervariasi pada putaran mesin 1200 rpm, 1400 rpm, dan 1600 rpm. Penelitian ini mengkaji variasi penyetelan celah katup buang dengan celah 0,2 mm, 0,4 mm, dan 0,6 mm, yang diukur menggunakan Air Box Meter. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah eksperimen