FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KONSUMEN TETAP BELANJA DI PASAR TRADISIONAL SANGKUMPAL BONANG KOTA PADANG SIDEMPUAN

Authors

  • Abdi Sugiarto Lectures of Regional and City Planning (Magister PWK) University of Pembangunan Panca Budi, Medan-Indonesia
  • Wahyu Hidayat Universitas Pembangunan Pancabudi

DOI:

https://doi.org/10.59637/jsti.v21i01.406

Keywords:

Strategi Pengembangan, Pasar Tradisional, Belanja, Perilaku Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan Pasar Tradisional Sangkumpal Bonang dalam bersaing dengan pasar modern dan juga melihat permasalahan yang dihadapi pedagang serta melihat faktor yang menyebabkan konsumen tetap berbelanja di pasar tradisional. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan metode wawancara dan pengamatan langsung di lapangan. Data pada penelitian ini didapatkan melalui wawancara terhadap pedagang, pengelola pasar dan juga konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis factor-faktor apa saja yang menyebabkan konsumen tetap berbelanja di Pasar Tradisional Sangkumpal Bonang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pedagang di pasar tradisional memiliki alasan memilih berbelanja di Pasar Tradisional Sangkumpal Bonang juga beragam yang dilihat pada seluruh aspek, yaitu aspek harga, aspek budaya, aspek produk dan aspek karakteristik demografi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Abdi Sugiarto, & Hidayat, W. (2024). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KONSUMEN TETAP BELANJA DI PASAR TRADISIONAL SANGKUMPAL BONANG KOTA PADANG SIDEMPUAN. Jurnal Sains Dan Teknologi ISTP, 21(01), 16–22. https://doi.org/10.59637/jsti.v21i01.406

Issue

Section

Articles