FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KONSUMEN TETAP BELANJA DI PASAR TRADISIONAL SANGKUMPAL BONANG KOTA PADANG SIDEMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.59637/jsti.v21i01.406Keywords:
Strategi Pengembangan, Pasar Tradisional, Belanja, Perilaku KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan Pasar Tradisional Sangkumpal Bonang dalam bersaing dengan pasar modern dan juga melihat permasalahan yang dihadapi pedagang serta melihat faktor yang menyebabkan konsumen tetap berbelanja di pasar tradisional. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan metode wawancara dan pengamatan langsung di lapangan. Data pada penelitian ini didapatkan melalui wawancara terhadap pedagang, pengelola pasar dan juga konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis factor-faktor apa saja yang menyebabkan konsumen tetap berbelanja di Pasar Tradisional Sangkumpal Bonang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pedagang di pasar tradisional memiliki alasan memilih berbelanja di Pasar Tradisional Sangkumpal Bonang juga beragam yang dilihat pada seluruh aspek, yaitu aspek harga, aspek budaya, aspek produk dan aspek karakteristik demografi.