ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK ROTI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL PADA PT. NIPPON INDOSARI CORPORINDO, Tbk
DOI:
https://doi.org/10.59637/jsti.v14i1.57Keywords:
Roti, kualitas, stastical quality controlAbstract
INDOSARI CORPORINDO merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang makanan. Pemasaran produk perusahaan ini dipasarkan didalam kawasan Tanjung Morawa, Deli Serdang dan sekitarnya.
Perusahaan ini cenderung mengalami masalah khususnya pada kualitas roti yang paling sering terjadi diantaranya masalah yang disebabkan oleh bantat pada roti, patah pada bagian tengah roti (patah pinggang) dan gosong. Proses pengumpulan data produk roti selai dilakukan dengan cara observasi dan interview dilapangan. Dari hasil penelitian pada produk roti selai selama 30 hari dengan jumlah sampel yang diteliti 60000 pcs. Pengolahan data dilakukan untuk mengetahui jenis cacat yang sering terjadi agar ditemukan penyebabnya dan membuat petaaaaa kontrol p untuk masing-masing cacat sebelum dan sesudah perbaikan proses serta menghitung diagram sebab akibat.
Setelah dilakukan pengujian hipotesis melalui uji mean ditunjukkan t hitung = 3,310. T tabel = 1,69913 dan sig. = 0,000 < α = 0,05, dengan demikian rata-rata (mean) sebesar 0,957 adalah signifikan. Dengan demikian hipotesis 1 (Hl) dapat diterima dan menolak hipotesis 0 (H0). Adapun hasil yang diperoleh dari penerapan pengendalian kualitas statistic sebelum dilakukan perbaikan proses untuk jenis cacat bantat, patah pinggang, dan gosong berturut-turut adalah 0,995%, 0,052% dan 0,930% dengan total persentase cacat 2,877%. Setelah dilakukan perbaikan proses terjadi penurunan cacat produk untuk jenis cacat, bantat, patah pinggang dan gosong berturut-turut 0,340%, 0,297% dan 0,320% dengan total persentase cacat 0,957%.