PENENTUAN JUMLAH LOKET KASIR (SERVER) YANG OPTIMAL PADA PT.FIF CABANG MEGAN

Authors

  • Ir.Bungaran Tambun, M.Si Institut Sains dan Teknologi TD.Pardede

DOI:

https://doi.org/10.59637/jsti.v13i1.36

Keywords:

Baris Antri

Abstract

PT FIF adalah salah satu perusahaan pembiayaan umum swasta yang merupakan anak perusahaan dari Astra Financial Service. Kegiatan operasi sehari-hari yang dilakukan oleh PT FIF meliputi; Aplikasi pinjaman sepeda motor, pembayaran cicilan, klaim asuransi, mengambil sertifikat untuk pendaftaran pajak registrasi kendaraan, dan pembayaran kembali kredit. Setiap transaksi terkait uang tunai dilakukan di kasir. Sejalan dengan meningkatnya permintaan akan dana yang dibutuhkan oleh masyarakat akhir-akhir ini, konsumen / pelanggan yang melakukan transaksi keuangan di kasir perusahaan setiap hari, terus meningkat. Masalah yang sering terjadi adalah seorang pelanggan yang akan melakukan transaksi, tidak dapat dilayani segera melainkan harus antri dan menunggu dalam waktu yang relatif lama, cukup dapatkan layanannya. Terjadinya antrian panjang adalah gejala yang relatif panjang yang muncul karena kurangnya tiga unit kasir yang ada saat ini untuk mengakomodasi jumlah kedatangan rata-rata pelanggan relatif meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa seharusnya jumlah optimal layanan kasir (server) di PT FIF Cabang Medan untuk waktu tunggu dan waktu pelayanan yang relatif seimbang dalam arti dapat memenuhi preferensi konsumen / pelanggan untuk mempersingkat waktu tunggu waktu tanpa mengurangi preferensi perusahaan untuk meminimalkan waktu idle. Metode pengumpulan data adalah pengamatan langsung terhadap objek penelitian, kemudian hasil penelitian data diolah dengan metode statistik dan model antrian. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pola kedatangan pelanggan atau pelanggan pada layanan kasir PT. Cabang FIF Medan, didistribusikan Poison dengan kecepatan kedatangan rata-rata 10 pelanggan per 15 menit. Pola waktu layanan kepada pelanggan atau konsumen pada layanan Counter Cashier distribusi eksponensial negatif, dengan rata-rata waktu layanan adalah 215,98 detik / pelanggan. Jumlah optimal layanan kasir (server) di PT.FIF Cabang Medan, adalah 5 (lima) unit. Tingkat utilitas sistem di konter layanan server adalah 49,39% (dibulatkan menjadi 50%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-09

How to Cite

Ir.Bungaran Tambun, M.Si. (2021). PENENTUAN JUMLAH LOKET KASIR (SERVER) YANG OPTIMAL PADA PT.FIF CABANG MEGAN. Jurnal Sains Dan Teknologi ISTP, 13(1), 10–19. https://doi.org/10.59637/jsti.v13i1.36

Issue

Section

Articles