GEDUNG HIBURAN 4 DIMENSI

Authors

  • Elvina Institut Sains dan Teknologi TD.Pardede

Keywords:

4 Dimensi, futuristik, hiburan e-sport, virtual reality, optis

Abstract

Abstrak

Gedung Hiburan 4 Dimensi Medan merupakan suatu area hiburan yang mensimbiosis teknologi visual dalam bentuk ilusi optis virtual, atau yang umum disebut 4D, terhadap fungsionalisme bangunan dengan tujuan menciptakan suatu kesan lingkungan baru yang dinamis ,interaktif,kreatif ,dan menghibur terhadap pelaku yang mengalaminya,di samping ituperpaduan teknologi ilusi optis pada secara pasif juga mendukung efisiensi energi dan ekologi.Perpaduan dua aspek ini diharapkan dapat menghibur ,mengedukasi sekaligus menciptakan suatu daya tarik ekonomi baru pada suatu lingkungan.

Perancangan bangunan menggunakan konsep futuristik menitikberatkan perpaduan digital optis ‘4D’ sebagai pengganti dekoratif konkrit yang umumnya digunakan pada arsitektur bangunan yang seringkali membutuhkan perubahan untuk kebutuhan hiburan,dimana hal ini dapat membantu mengefisiensi space/ruang  dan secara pasif mendukung ‘green building’ karena terhindar dari bahan sekali pakai. Sistem interaktif dari penggunaan teknologi optis virtual reality ini juga merupakan hiburan sekaligus suatu edukasi terhadap pengunjung dan pelakunya.Aplikasi daripada sistem ini tidak terbatas hanya pada unsur hiburan namun dapat diterapkan pada berbagai bidang pada bangunan baik dalam segi petunjuk,sirkulasi dan keamanan pada aspek bangunan yang akan mengefisiensi banyak hal daripada bangunan itu sendiri.Penerapan teknologi optis pada bangunan seperti demikian masih tergolong baru ,namun seiring berkembangnya teknologi aspek hiburan e-sport dengan konsep demikian juga sudah mulai diterapkan sebagai daya tarik ,baik secara arsitektural maupun secara ekonomis.

Downloads

Published

2021-09-12

Issue

Section

Articles