PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN TRANSPORTASI OJEK ONLINE GO-JEK DI KOTA MEDAN
Keywords:
Moda transportasi, penggunaan transportasi online, Persepsi masyarakatAbstract
Kemajuan teknologi informasi mengakibatkan guncangan besar dalam dunia bisnis apapun. Moda transportasi berbasis aplikasi muncul sebagai wujud dari pengembangan teknologi dan reaksi atas melemahnya jasa tranportasi umum. Kehadiran jasa transportasi online sangat berpengaruh bagi masyarakat dalam segala aktivitas secara cepat dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap penggunaan transportasi online Go-jek dan faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat beralih menggunakan Go-ride di Medan. Ojek online adalah tranportasi baru masa kini dengan pelayanan yang luar biasa mengenai fleksibilitas, aksesbilitas, waktu perjalanan, harga dan keandalan layanan lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan pelayanan dari transportasi online (Go-Jek). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode kuesioner online dengan membagikan melalui media sosial kepada responden yang berjumlah 100 orang di latar belakangi usia dan profesi yang berbeda. Teknik analisa yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yang berguna untuk memberikan data dan fakta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap penggunaan transportasi online (GO-JEK) berpengaruh signifikan dan positif. Kesuksesan sebuah pelayanan dibidang jasa ditunjang oleh kinerja para pengemudi transportasi online pada saat memberikan pelayanan terhadap masyarakat